Entri Populer

Selasa, 05 Juli 2011

Jambore Nasional, Pemimpin Berkarakter

Selasa, 05 Juli 2011 00:11 | Oleh : Novrizal |
pewarta-indonesia.com

“Tepuk Pramuka! Pra… Mu… Ka… Praja Muda Karana!”
Siapa yang tidak kenal dengan yel-yel tersebut. Praja Muda Karana merupakan kepanjangan dari kata Pramuka, berarti rakyat muda yang senang bekerja dan berkarya. Gerakan Pramuka yang identik dengan para remaja dan pemuda ini, berkaitan erat dengan kegiatan tantangan dan petualangan, serta berbagai pelajaran ketrampilan khusus. Hal itu dibuktikan dengan antusias peserta Pramuka Penggalang, pada Jambore Nasional yang sedang berlangsung tahun ini. Seluruh peserta kontingen (kabupaten/kota), Kwarcab (Kawartir cabang) se-Indonesia saat ini berada di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, yaitu tempat dilaksanakannya Jambore Nasional yang ke-9.
Kegiatan yang diresmikan oleh Presiden SBY, cukup memberikan semangat kepada seluruh peserta. Kegiatan lima tahun sekali ini, merupakan rekreasi pendidikan di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar sebagai sarana pembinaan untuk pengembangan diri peserta yang terdiri dari bidang mental, fisik, intelektual, spiritual, dan sosial. Di sinilah para peserta diuji dan dilatih untuk menciptakan kader-kader yang berkualitas di masa depan.
Gerakan Pramuka adalah aktifitas untuk menumbuhkembangkan bibit-bibit bermutu yang mengarah pada kehidupan yang positif dan bermanfaat, baik untuk setiap individu maupun orang banyak. Begitu juga dengan visinya, yaitu sebagai wadah pilihan utama dan solusi handal dalam masalah-masalah kaum muda, khususnya di negeri ini. Oleh karena itu, gerakan Pramuka pada Jambore Nasional sangat tepat dikatakan sebagai wadah pencetak pemimpin bangsa yang berkarakter, demi masa depan bangsa yang lebih cerah, dan menuju Indonesia gemilang. Selamat memperingati Tahun Emas “50 Tahun Gerakan Pramuka”!


Link: http://www.pewarta-indonesia.com/berita/pendidikan/6261-jambore-nasional-pemimpin- berkarakter.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar